Ini 9 Serial Pendidikan untuk Anak-anak yang Wajib ditonton

Saat ini banyak serial pendidikan untuk anak-anak yang tayang di televisi menjadikan inspirasi baru untuk anak. saat anak menonton televise pilihlah serial yang mendidik. Dengan begitu anak-anak akan lebih memgambil manfaat setelah menonton serial tersebut.

1. Upin dan Ipin

Animasi yang begitu hidup, Upin dan Ipin berbahasa melayu asal Malaysia. Menceritakan keseharian anak kembar di sekolah, di rumah dan bermain bersama teman. Anak kembar yang hanya hidup dengan nenek dan kakaknya ini mengajarkan nilai kemandirian, kebersamaan dan saling toleransi.

2. Dora The Explorer

Sebuah serial kartun petualangan dengan ciri khas Dora yang selalu membawa peta kemana pun pergi. Mengajak anak-anak untuk belajar menemukan benda yang tersembunyi, berhitung dan mencocokkan gambar menjadi hal menarik untuk anak-anak.

3. Doraemon

Kucing robot yang datang dari masa depan untuk menemani tokoh bernama Nobita. Selain itu ada beberapa tokoh lain seperti teman-teman Nobita yang sering berpetualang  dengan dengan benda ajaib dari Doraemon. Serial yang mengajarkan kemandirian, kebersamaan serta berusaha keras serta bertanggungjawab ini juga disajikan agar anak-anak bisa ikut berimajinasi dengan benda ajaib Doraemon.

4. Curius George

ANTV menyiarkan serial Curius George dengan tokoh utama seekor monyet yang cerdas. Monyet tersebut bernama George . selalu saja ada tingkah George yang membuat penasaran serta menggemaskan. Tayangan ini juga mengajarkan nilai edukasi pada anak seperti warna, angka, petualangan, bentuk ruang dan bidang.

5. Laptop Si Unyil

Serial pendidikan untuk anak-anak yang tayang di Trans7 adalah Laptop Si Unyil. Unyil merupakan tokoh sentral yang mengantarkan cerita tersebut menjadi menarik untuk ditonton. Misalnya saja saat Serial Unyil Jalan-jalan ke Luar Negeri, mengulas teknologi pembuatan keju. Pada program laptop si Unyil ini emang mengedepankan sajian cerita sains dan teknologi. Seperti kunjungan ke pabrik roti, cara membuat tahu, bagaimana cara pengolahan sarden dan sebagainya. Unyil lahir di tahun 1980an. Pak Raden lah yang menciptakan sosok Unyil dan akhirnya Unyil digemari oleh anak-anak hingga saat ini.

6. Dunia Binatang

Otan, si tokoh pengantar yang biasanya muncul menceritakan episode demi episode di dunia binatang.salah satu episode yang menarik adalah menceritakan penyu dan ubur-ubur yang sedih karena laut tercemar oleh sampah. Hingga akhirnya si penyu tersangkut oleh senar di dalam laut. Ada ikan remora yang akhirnya juga mati karena tumpukan sampah. Serta ubur-ubur yang tampak mirip dengan sampah plastik. Dunia Binatang memang fokus mengangkat cerita kehidupan binatang serta keadaan binatang yang sebenarnya.

7. Bocah Petualang

Serial Bocah Petualang yang tayang di Trans7 ini biasa disebut dengan Bolang. Tokoh bolang akan berganti-ganti menyesuaikan episode demi episode. Mengulas kebudayaan dan keseharian anak-anak yang tinggal di daerah terpencil. Program yang dibuat untuk mengenalkan kebudayaan dari seluruh Indonesia dengan menyuguhkan bentang alam serta adat istiadat daerah masing-masing. Dengan adanya serial ini menanamkan nilai cinta tanah air dan nasionalisme kepada anak-anak.

8. Sovia The First

Seorang gadis cilik yang merupakan anak dari Raja dan Ratu di negeri bernama Ecensia ini mengajarkan nilai kebaikan seorang puteri raja yang begitu sayang pada hewan peliharaannya yaitu kelinci serta selalu berbaik hati pada teman-teman. Sofia selalu berteman dengan siapa saja, tidak hanya dengan keluarga kerajaan. Selalu riang gembira, bertanggungjawab dan punya jiwa sosial yang tinggi.

9. Kiko

Serial Kiko ini tayang di RCTI merupakan animasi yang dibuat oleh orang Indonesia. Kiko memiliki empat orang sahabat. Diceritakan bahwa Kiko merupakan seekor anak ikan mas koki. Si Kiko ini sangat mandiri.  Selalu bermain bersama teman-temannya, yaitu Poli, seekor ikan cupang, Ting Ting, seekor kepiting, Lola, seekor ikan diskus, dan patino si ikan patin. Pada serial Kiko tercipta beberapa karakter tokoh  yang bisa menjadi contoh untuk anak-anak seperti pemberani, baik hati, suka menolong dan mengutamakan kebersamaan dengan teman-teman.

Dengan adanya serial pendidikan untuk anak-anak maka membantu anak untuk mengenal banyak hal dan ilmu pengetahuan baru saat menonton. Orag tua tetap harus mendampingi anak dan memberi batasan pada anak saat menonton televisi.